Perasaan Penulis Pemula

Pukul 8.37 PM. Jam meja berdetaknya sangat kencang sekali... saya berasa dikejar-kejar waktu...No...!!! Saya dikejar-kejar deadline One Day One Post :(. Ayo nulis! Ayo nulis! Ayo nulis!

Hidup itu penuh tantangan ya... Dan menulis sebagai bagian dari aktivitas hidup tentunya juga menantang. Ayo siapa sekarang yang sedang mentok ide??? #saya ngacung. Yuk kita taklukan tantangannya!!! #ikatkepalasemangat

Menulis itu susah-susah gampang. Susah memulainya. Gampang ngetiknya. Hehehe. Menulis juga menuntut keikhlasan deh kayanya. Itu sih yang saya rasakan. Jadi kalo saya nulisnya ngeplong tanpa embel-embel apapun, ngalir aja tuh ide dan tulisannya. Tapi... kalo ada maksud tertentu, misalkan pengen tulisannya dibaca ratusan ribu mata (ngarep banget), nah niscaya tulisan saya bakal ga ngalir alias mentok.

Sekarang gini aja deh ya... daripada mentok. Mending kita bahas soal perasaan terdalam seorang penulis pemula (seperti saiah). Yuk mulai! (Sambil disuapin coklat Cho Cho ma suami tercinta, semangat pun makin membara...).

★ Kurang PD
Kayanya ini bakal menjadi perasaan terdalam yang selalu menggentayangi penulis pemula deh. Ga percaya diri karena takut begini begitu. Misal: takut tulisannya jelek, takut tulisannya ga dimengerti pembaca, takut tema yang diangkat ga menarik, takut ini itu. Ah sudahlah ... takutlah hanya pada Allah... hehehe. Tapi seriusan. Kalau takutnya begini begitu, ya prinsipnya, asal menulis kebaikan, maka lakukanlah!!! #aseeeeeek

★ Kurang Berani
Kaya nama sebuah kuis aja ya, hehe. Memang sih mirip sama poin kurang percaya diri. Tapi kurang berani disini maksudnya kurang berani menuangkan dan mengembangkan ide. Jadi suka kejadian kan ya setelah nulis panjaaaaaaaaaang, trus dihapus lagi. Akhirnya ga lanjut lagi nulis. Karena apa coba? Karena kurang berani memulai untuk menuangkan dan mengembangkan ide. Ya bisa saja salah satunya karena kurang PD itu. :) Oh iya, kurang berani disini bisa juga kurang berani untuk berkomitmen menulis ya...

★ Terlalu Banyak Anggapan dan Harapan
"Aduh tulisan gue bakal banyak yang suka ga ya? Yang baca ada berapa orang ya? Trus, ada yang komen ga ya? Eh kayanya tulisan gue bakal unik deh kalo misal temanya ini" dan bla bla bla. Eh ternyata belum satu kata pun yang ditorehkan. #sayonaradeh

★ Banyak Alasan
Seperti yang saya sampaikan di atas, menulis itu susah tapi gampang. Banyak orang yang ingin menulis, tapi kenapa coba hanya sedikit yang benar-benar jadi nulisnya? Ya karena banyak alasan. Ya ga ada waktulah. Ga ada idelah. Ditunda-tunda teruslah. Akhirnya ga jadi nulis sama sekali.

Hhhhhhhhuft... tarik nafas panjang. 3 poin aja ya. Dan semua nya adalah saya bingits. Ditulisan ini saya pengen ngingetin diri saya sendiri bahwasanya tujuan saya menulis di awal adalah untuk mengisi waktu luang dan variasi aktivitas. So, ga ada alasan bagi saya kemudian berhenti menulis karena faktor diluar tujuan tersebut.

Oke deh,,, maacih ya udah mau baca. Semoga saya dan para penulis pemula lainnya bisa meningkatkan kualitas diri dan tulisan serta istiqomah untuk selalu menulis kebaikan. Salam gerakan menjadi salihah...

^^
BANDUNG, Ciwaruga
20 Agustus 2015
9.04 PM

7 komentar:

  1. Semangat, Mba. Aku sering banget posting odop jam 11 malem lewat.

    Hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba... makanya gabung blogger muslimah biar ada yg nyemangatin. Hehehe.. makasi ya mba,, doakan saya.. #ciyuuus >_<

      Hapus
  2. Itu fotonya real? Hehehe... semangat ya Merisa!

    BalasHapus
  3. Real uni.. foto lawas..thun 2012an. Di museum KAA. Tulisan aki payahnya aja yg aku edit,, heheh,, aslinya mah kertas kosong. Mohon support nya selalu ya uni,.. :) terimakasih sudah berkunjung... :)

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Chayooo... saling support ya mba,, makasi udah berkunjung.. aku PR berkunjungnya masih banyak nih..

      Hapus
  5. Semangat, mba. Selalu ada hasil bagi para pejuang yang tak pantang menyerah. :)

    BalasHapus