Hah??? Kembar???

"Heh??? Kembar??? Bener dok? Bukan mesin USG nya rusak dok?".

Begitulah ke-lebay-an saya ketika mengetahui ada 2 janin in my tummy (ikut gaya orang-orang... hehehe). Kaget asli kaget. Hamilnya aja saya kaget, apalagi hamilnya isi 2. Duh, maaf ya... Ya Allah saya ga bermaksud untuk ga bersyukur. Justru sekarang jadinya bersyukur bangeeeeeeeeeeet... :D

Ada ga ya yang kaget kaya saya gitu... hmmmm.

Ngomong-ngomong soal kaget, saya jadi pengen cerita nih tentang kelahiran si kembar yang penuh dengan kekagetan :D. Kalo kata orang-orang 'birth story' (biar keren pake english gitcu dueh).

Aslinya banyak yang nanya, gimana sih lahiran anak kembar? Ngedennya berapa kali? Trus kalo normal keluarnya barengan? Plasentanya 1 apa 2? Trus trus trus trus?????

Sebelumnya, saya pernah cerita tentang serba serbi kehamilan kembar. Di tulisan tersebut saya menyampaikan bahwa kehamilan kembar masuk kepada kehamilan beresiko. Dan dari awal mengetahui info ini dari buku pink yang diberikan bidan saat pemeriksaan pertama saya, saat tau kembar di usia kehamilan 14w, saya sontak agak over protective. Begitu juga dengan suami. Berpergian dengan kendaraan roda 2 di minimalisir begitu juga perjalanan jarak jauh. Hiks sedihnya.

Oke baiklah .... cerita ngalor ngidul kapan cerita lahirannya???????

Lahiran Pasca KPD
Saya termasuk bumil yang minim ilmu. Bekal saya hanya dari sharing seorang teman dengan 1 kali pertemuan dan membaca 2 buku tentang kehamilan dan serba serbinya. Dengan bekal minim itu, saya hanya menggaris bawahi poin-poin yang saya anggap sedang atau mungkin akan saya alami. Apa aja tuh?
★ hiperemesis
★ KPD (Ketuban Pecah Dini)
★ yoga di UK 36w ke atas
★ minimalisir gerak yang merangsang kontraksi sebelum memasuki UK 36w

Lebih kurang 4 poin itu. Namun sayang, ilmu saya yang dianggap hanya ilmu Google oleh orang tua di tolak mentah-mentah. Hiks. Saya dibilang mengada-ada. Sehingga saat saya mudik di UK 28w kurang beberapa hari, ibu saya sangat mewanti-wanti agar saya tidak malas bergerak. Jangan tidur-tiduran saja, setiap pagi mulai rutinkan jalan pagi, dan bla bla bla lainnya yang mana semua hal itu adalah hasil pengalaman pribadi ibu saya.

Ketika saya mencoba sounding tentang beberapa info terkait hamil kembar, ibu saya lagi-lagi tidak percaya. Alhasil, saya yang memang anak penurut (hehehe) melakukan apa yang disarankan ibu. Mulai dari jalan pagi, memperbanyak gerak seperti menyapu, dan mengurangi tidur siang.

Trus trus gimana? UK 30w kalo saya tidak salah ingat, ketuban saya pecah!!!! Pecah pemirsah! Bukan rembes. Semua teori yang pernah saya baca seakan berputar mengelilingi saya yang kaget sejadi-jadinya dengan air yang begitu banyak mengocor bak pipis yang tak bisa ditahan. Banjir membasahi kasur dan lantai karena saya langsung bangun untuk memberitahu ayah saya. Yups! Saat itu saya hanya dengan ayah saya...

Alhamdulillah Allah masih menganugrahi saya ketenangan. Ingat air kelapa bisa menambah volum ketuban, saya pun meminta air kelapa yang memang tidak sengaja di beli Papa sore harinya. Sesampai di Rumah Bersalin, bidan langsung melarang untuk meminum air kelapa tersebut, karena bisa merangsang kontraksi (saya baru tau, dan masih nyantei buang tuh air kelapa). Setelah menunggu beberapa saat, saya diperiksa. Periksa volum ketuban, kondisi baby, detak jantung, dan pembukaan. Belum ada bukaan, tidak ada kontraksi, kondisi ketuban masih aman, 2 janin masih oke. "Bedrest aja ya 10 hari. Kita coba tahan dulu. Biar bisa di lakukan pematangan dari luar (suntik pematangan paru-paru)."

Alhamdulillah masih bisa di treatment.

Saya hamil cungkring, kaya orang busung lapar, ditambah ketuban pecah membuat saya berfikir kalo perut saya berubah jadi kotak.., hahaha... karena difikiran saya air ketuban berkurang banyak gitu bikin baby yang ketubannya dikit jadi susah berenang.. pokoknya pikiran saya aneh tapi alhamdulillah masih tenang... hehehehe

Hari ke 5 apa ke 4 ya, saya lupa, saya ngerasa pengen pup. Ya udah lah ya, laporan alam. Tapi udah laporan juga, masih ada rasa untuk pengen laporan. Mulailah teori-teori tentang kontraksi bermunculan. Teori kontraksi palsu da asli bedanya gimana. Iseng itung jeda waktu rasa nyeri yang saya rasakan, ternyata jeda teratur. Khawatir kenapa-kenapa tengah malem, saya minta periksa ke RB. Setelah menunggu dokter datang jam 11 malam kurang, ternyata saya sudah ada bukaan, bukaan 1. Tapi sayang, air ketuban sudah sangat sedikit. Tanpa tahu fungsi ketuban itu apa (sekarang baru tahu kalo ketuban buat pelumas pas baby keluar katanya), dan tanpa tau resiko kelahiran kembar begini begitu. Bismillah ... saya pilih di induksi (itu pun selain karena memang pengen normal, malem itu lebih ke hemat biaya.. heu).

Pil saya minum pukul 11. Masih acara tukul tuh. Beberapa menit kemudian, saya mules sejadi-jadinya. Pengen nonggeng lah, pengen pake yang ball ball itu lho,, kaya yang di buku gentlebirth, sayang ga ada. Trus pengen di sesar ajaaaaaaa... (teriak di hati). Tapi saya coba ga ngomong soal yang terakhir ini. Di fikiran saya, ketika Allah menggerakkan bibir saya untuk pilih induksi dengan 2 pilihan induksi atau sesar, artinya Allah memang akan mentakdirkan saya melahirkan anak-anak secara normal.

Pukul 12... baru bukaan 4 (kenapa baru, karena bagi saya 1 jam itu dengan kontraksi rutin kurang dr 5 menit itu... masya Allah) ... Ketika saya tanya bidan jaga, kira-kira bakal lengkap bukaan sekitar jam berapa... dijawab sekitar 4 jam lagi. Mamaaaaaaaaaa .... ya Allah ... benarkah?????

Tapi eh tapi... saya ingat lagi pesan bidan Yessi di buku Gentlebirth nya, kalo saat lahiran itu yang paling tau itu ya kita, ibunya. Bukan bidan atau nakes. Dan entah kenapa, saya yakin, bukaan lengkap ga akan selama itu. Berbekal perih getir nya rasa kontraksi ... dengan kemudian memarahi suami yang masih ngakak nonton dan saya akhirnya minta suami untuk tilawah ... alhamdulillah pukul 01.00 bukaan saya lengkap!!!! AllahuAkbar!!!!

Menuju ruang bersalin, menunggu bidan bersiap perlengkapan persalinan, sembari menunggu dokter yang dengan terpaksa bangun dari mimpi indahnya demi saya pasien tercinta, saya kembali marah ke suami. Heu ... maafkan aku ya say...

Entah bagaimana rasa sakit kala itu ... saya hanya mengingat pesan yang lagi-lagi dari buku, lakukan perintah nakes, jangan mengejan sebelum diperintahkan. Dan saya patuh akan itu. Entah apa yang mereka persiapkan, saya merasa sangat lama menunggu instruksi mereka. Dan entah mengapa lidah ini kemudian bertakbir sangat kencang ... waktu itu saya hanya berfikir teriak adalah salah satu jalan pengalihan rasa sakit. Benar saja ... lumayan berkurang, karena saya tiba-tiba malu sendiri dengan gaya takbir aneh saya waktu itu .... kata bidan nya waktu itu,

"Uni hebat masih bisa senyam senyum cengar cengir"

Tadinya pengen jawab "soalnya kalo nangis saya ga bisa". 

Tapi saya urungkan, karena ya susah ngomoooooong... hiks. Dzikrul maut level tinggi pokoknya!!

Alhamdulillah beberapa menit setelah bertakbir layaknya mahasiswa yang sedang munasharah Palestina, dokter menginstruksikan untuk mengejan. Saya sempat melihat jam. Mulai mengejan pukul 01.15. Dan alhamdulillah pukul 01.30 Zaid lahir disusul Ziad pukul 01.35. Alhamdulillah wa syukurillah ... meski harus di inkubator beberapa hari, anak-anak lahir normal dan sehat. Hanya badan mereka kecil saja, dan kuning serta berparas seperti orang tua (ciri-ciri bayi prematur begitu katanya).

Apapun itu ... anugrah prematuritas bagi saya dan suami sungguh luar biasa. Jika anak-anak lahir di waktu HPL (awal September), maka saya terancam melahirkan tanpa didampingi suami. Ah ... soal yang ini lain lagi ceritanya ... romantis komedi kayanya ... hehehe ...

Setiap cerita kelahiran itu unik ... dan ada saja momen bawaan bayi yang saya yakini akan menciptakan cerita unik itu.

Demikian deh ... semoga ga kepanjangan ... :)

Payakumbuh, 8 Maret 2016
**Dukung PIN POLIO ya ...#pesansponsor

1 komentar:

  1. Seruuu kereeenn.. Jadi sekalian belajar nih mbak..hehehe.. Salam buat the twin yaa..

    BalasHapus